Sunday, December 7, 2014

Jaringan komputer Menjelaskan tentang Referensi OSI dan TCP/IP? Besrta Layer-layernya



·         Application: Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini juga merupakan interface atau antarmuka yang menghubungkan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan membuat pesan apabila terjadi kesalahan.
·         Presentation: Layer ini berfungsi untuk mengkonversi data kedalam format yang dapat dibaca dan ditransmisikan melalui jaringan.
Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, dan enkripsi.
·         Session: Layer ini berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat serta melakukan resolusi nama.
·         Transport: Memecah data menjadi beberapa segmen yang masing-masing segmen memiliki nomer urut sehingga dapat disusun kembali oleh perangkat penerima; membuat tanda bahwa paket diterima dengan sukses
·         Network: menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain.
·         Data-link: Menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format frame, mengkoreksi kesalahan, flow control, pengalamatan hardware, dan menentukan bagaimana perangkat jaringan dapat beroperasi.
·         Physical: Layer ini mendefinisikan media transmisi jaringan yang digunakan, metoda pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi, dan pengkabelan jaringan.    

                 Referensi TCP/IP memiliki 5 layer yaitu:
·         Application: menyediakan komunikasi diantara proses atau aplikasi pada host yang berbeda.
·         Transport: Berfungsi dalam mendefinisikan cara-cara untuk melakukan pengiriman data antara end to end host secara handal.
·         Internet: Pada lapisan ini bertugas untuk menjamin agar suatu paket yang dikirimkan dapat menemukan tujuannya dimana pun berada.
·         Network: fungsi mengatur penyaluran data frame-frame data pada media fisik yang digunakan secara handal.
·         Physical: Pada lapisan ini ditentukan karakteristik media transmisi, rata-rata pensinyalan, serta skema pengkodean sinyal dan sarana sistem pengiriman data ke device yang terhubung ke network.

No comments:

Post a Comment