Sunday, December 7, 2014

Menjelaskan gangguan Transmisi, kapan terjadinya gangguannya dan bagaimana penanggulanginya :



a.    Ateunasi        c. Lebar Pita Terbatas         e. Noise/Derau Saluran
b.     Distorsi          d. Distorsi Tunda
a.   Atenuasia dalah melemahnya sinyal yang di akibatkan oleh adanya jarak yang semakin jauh yang harusditempuholehsuatusinyaldanjugaolehkarenamakintingginyasinyaltersebut.
      • Atenuasiterjadijikasinyalnyamengalirterlalujauh, iabisamenurunkualitasnyasehinggastasiunpenerimanyatidakmampulagimenginterprestasikannyadankomunikasiakangagal.
      • Untukmengatasiatenuasi,menggunakanperangkatseperti amplifier atau repeater, yang berfungsimeningkatkankembalidayasinyal.
b.   Distorsiadalahsebuahperubahansuara yang terjadiketikaamplutidosinyalmelebihi range yang tersedia
      • Distorsiterjadipenerimaansinyaldalamsuatusistemkomunikasidapatdirusakolehadanyakontaminasisinyaltransmisi. Sinyaliniakanmengakibatkanrusaknyasinyal yang diterimatidaksesuaidengan yang dikirim. Ataudengan kata lainperubahan yang takdiinginkandidalambentukgelombang yang terjadidiantaraduatitikdalamsistemtransmisi. 
      •  Untukmengatasidistorsipenerimasinyal yang diterimaharusmempunyaikekuatan yang cukupsehinggapenerimadapatmendeteksidanmengartikansinyaltersebut.
c.   Lebar pita terbatasadalahkapasitassalurandarikoneksi internet yang terbatas.
      • Lebar pita terbatasterjadiketikainformasi yang dikirimkanterlalubanyakdanmelebihikapasitasmaksimum, makakemacetan virtual padakoneksi, atau yang lebihdikenaldengan network congestion akanterjadi.   Untukmengatasilebar pita terbatasadalahmengurangikapasitasinformasi, dandapatmelakukanpelebaran pita bandwidth.
d.   Distorsitundaadalahfenomena yang terjadiakibatpenyebaransinyalmelewati medium guided, berbedadenganfrekuensi.
      • Terjadiakibatkecepatansinyal yang melalui medium berbeda-bedasehinggatibapadapenerimadenganwaktu yang berbeda. Hal inimerupakanhalayangkritisbagi data digital yang dibentukdarisinyal-sinyaldenganfrekuensi-frekuensi yang berbeda-bedasehinggamenyebabkanintersymbol interference.
      •   Untukmengatasidistorsitundaadalahmenggunakanteknikequalisasi (membukaujungsaluran)danpemasanganperalatan repeater diantara transmitter dan receiver.

e.   Noise / derausaluranmerupakansinyallain yang tidakdiharapkandalamsistemtelekomunikasikarenabersifatmenggangguterhadapsinyalaslisertakehadirannyatidakbisaditentukan (acak).
      •   Noise dapatterjadikarenaadanyasinyal-sinyal yang bercampur(distorsi) yang tidakdiinginkan.
      •   Untukmengatasi noise adalahdengan filtering.

No comments:

Post a Comment