Thursday, January 8, 2015

1. Perencanaan



Bab IV
Hasil Dan Pembahasan


Dalam Membangun Sebuah Sistem Ada 3 yaitu :
1.      Perencanaan
2.      Perancangan
3.      Implementasi


1.     Perencanaan
Pengertian Perencanaan menurut beberapa ahli
  1. George R. Terry: Perencanaan adalah pemulihan fakta-fakta dan usaha menghubung-hubungkan antara fakta yang satu dengan yang lain, kemudian membuat perkiraan dan peramalan tentang keadaan dan perumusan tindakan untuk masa yang akan datang yang sekiranya diperlukan untuk menghendaki hasil yang dikehendaki.
  2. Harold Koontz dan O’Donnell: Perencanaan adalah tugas seorang manajer untuk menentukan pilihan dari berbagai alternatif, kebijaksanaan, prosedur dan program.
  3. W. H. Newman: Perencanaan adalah suatu penngambilan keputusan pendahuluan mengenai apa yang harus dikerjakan dan merupakan langkah-langkah sebelum kegiatan dilaksanakan.
  4. Dr. SP. Siagian MPA.: Perencanaan dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Dalam merancang suatu sistem atau aplikasi penulis membutuhkan software. Software perencanaan pembuatan suatu sistem  yang di butuhkan dalam membuat aplikasi penjualan ayam bakar bejo yaitu software NetBeans,Xamp dan iReport.

1.1  Software NetBeans
Pengertian NetBeans

Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE), yang berbasiskan java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti: Windows, Linux, Mac Os ,dan Solaris.

a.    Komponen GUI NetBeans

Pada aplikasi java, komponen GUI disimpan pada container yang di sebut dengan form. Bahasa pemrograman java mengumpulkan komponen antar muka dari form GUI yang telah terbentuk. Pada NetBeans komponen GUI ini telah tersedia. Hal ini mempermudah anda dalam merancang dan membangun form java.

Komponen GUI pada NetBeans antara lain:
·      GUI Builder




GUI Builder merupakan jendela utma yang didalamnya terdapat komponen untuk merancang GUI


·      Navigator Windows
 


Navigator windows merupakan jendela yang menampilkan pohon pewarisan dari semua komponen form yang dibuka seperti button, label, menu, dan sebagainya

·      Palette Windows

Palette windows adalah jendela yang menampilkan daftar semua komponen swing yang dapat dimasukkan kedalam form seperti label, button, menu dan lainnya.

·      Properties Windows


Properties windows merupakan jendela yang dapat diubah memilih komponen yang akan dipergunakan.

·      Source Area





Source Area merupakan jendela yang dipergunakan untuk menambahkan kode program pada pemrograman java.

·      Projects Windows


Project windows merupakan sebuah tempat yang terdiri dari file/package yang sedang kita gunakan.



 


 Menu Bar, berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya..

Toolbar adalah sekumpulan icon shortcut (perintah pendek) berdasarkan kelompok.


1.2  Xamp

XAMPP  tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Sejarah dan Pengembang XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team).

Fungsi XAMPP adalah kita bisa memiliki server sendiri (localhost) untuk pembuatan website secara offline tanpa harus membeli domain , karena  sudah terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.
1.3  iReport
iReport ini di gunaan pada saat pembuatan Nota Kwitansi
Pengertian iReport adalah Visual Designer untuk membuat laporan yang komplek, menggunakan jasperReport Libarary.
Membuat laporan terkadang menjadi hal yang cukup melelahkan, apa lagi dengan data yang begitu banyak dan berbeda. Kesalahan dalam melakukan Input ataupun kesalahan manusia terkadang mengurangi akurasi dalam pembuatan sebuah laporan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, beberapa solusi untuk mempermudah membuat laporan telah disediakan baik offline maupun online, dari sekian banyak salah satunya adalah iReport.

No comments:

Post a Comment